Jumat, 05 Oktober 2012

Ragam Aksara Kawi Tipe Majapahit (1)

Aksara Majapahit (sekira antara 1250 – 1450 M) : Contohnya terdapat pada prasasti-prasasti dari zaman Kerajaan Majapahit; misalnya Prasasti Kudadu dari Mojokerto, Prasasti Adan-adan dari Bojonegoro, dan Prasasti Singhasari dari Malang. Aksara ini merupakan Aksara Kawi yang tiap hurufnya ditulis dengan banyak hiasan sehingga kadang kala sulit dikenali / sulit dibaca. Disebut Aksara Majapahit karena variasi ini banyak dijumpai dari masa Kerajaan Majapahit. 


Tak kopas dari:

http://id.wikipedia.org/wiki/Aksara_Nusantara


+++

Mulai sekarang, saya akan mem-posting tabel rekaan aksara tipe Majapahit yang banyak/ variatif. Ligatur-ligatur ini saya dapatkan dari gambar prasasti anangpaser.wordpress.com, koleksi Perpustakaan Leiden, dan hasil browsingan. Mungkin tabel yang saya berikan masih belum mewakili ragam aksara majapahit yang ada, namun saya berharap kiriman ini bisa bermanfaat bagi semuanya.
Seperti biasa, aksara-aksara yang tak lazim digunakan dalam penulisan bahasa Nusantara tetap ada, karena mau tidak mau harus ada standarisasi aksara Kawi. Saya melihat bahwa hal ini perlu karena aksara Kawi adalah turunan Pallawa yang memang bisa digunakan untuk alih-aksara Sansekerta.  

Gambar 1. Tabel salah satu ragam aksara Kawi tipe Majapahit (1).




Gambar 2. Tabel salah satu ragam aksara Kawi tipe Majapahit (2).



Gambar 3. Tabel salah satu ragam aksara Kawi tipe Majapahit (3).



Gambar 4. Tabel salah satu ragam aksara Kawi tipe Majapahit (4).



Gambar 5. Tabel salah satu ragam aksara Kawi tipe Majapahit (5).


Referensi: 


  1. Casparis, J. G. de. 1975. Indonesian Palaeography. A History of Writing in Indonesia from the Beginnings to c. A.D. 1500. Leiden: Brill.
  2. Holle, K. F. 1882. Tabel van Oud- en Nieuw- Indische Alphabetten. Bijdrage tot de palaeographie van Nederlandsch-Indië. Batavia: W. Bruining & Co.; ’s Hage: M. Nijhoff. 
  3. Anshuman Pandey. 2012. Preliminary Proposal to Encode the Kawi Script; ISO/IEC JTC1/SC2/WG2 N4266.



2 komentar:

  1. Bli, minta alamat emailnya. Matur suksma mewali.

    BalasHapus
  2. Om Swastyatu, Sdr. Bernardi. Bisa dihubungi ke akuhidupdidunia@gmail.com, dharma.apanji@gmail.com
    Suksma

    BalasHapus